Influencer Eksis Pakai Tongsis Saat Tawaf di Makkah, Disindir Warganet Hanya Peduli Konten

Seorang influencer mendapati kritik pedas warganet dikarenakan mengabadikan momen tawaf di Masjidil Haram, Makkah. Ia melingkari  saffrons restaurant Kakbah sambil menunjukkan langkah kerja sebuah produk kamera.

“Bismillah membuat manifesting kalian biar bisa tawaf langsung di sini juga,”  tulis wanita bernama Nurmalita Dewi itu melalui account pribadinya @nurmalitadwwii sambil menyematkan account sebuah agen perjalanan, dikutip Jumat, 7 Juli 2023.

Tampak dalam video tangan kirinya memegang tongsis, sementara tangan kanannya repot merekam dirinya yang tengah tawaf. Memang jemaah lainnya terlihat tak begitu acuhkan bersama aksinya merekam dikarenakan mereka repot membaca doa, namun tak sedikit termasuk yang meliriknya sementara tengah kenakan tongsis.

Sebagaian warganet pun menyindirnya hanya acuhkan mengakibatkan konten hingga harus merekam di sementara orang tengah khusyuk.  “Sampai disinggung imam besar di sana, jikalau jemaah asal Indonesia itu hanya fokus konten bukan untuk ibadah,”  tulis seorang warganet.

“Maaf sudi tanya, apa hanya rakyat Indonesia yang pergi ibadah ke Tanah Suci membuat ngonten biar dapet pengakuan? Rakyat di negara lain apa termasuk begini?”  tanya seorang warganet.

“Kayak jikalau foto atau membuat video disela ibadah tetap masuk akal membuat kesenangan, namun ini lagi tawaf? Ibadahnya tengah berlangsung? Istigfar deh gue,”  sambung warganet lainnya.

“Nggak sanggup ngambil sisi positifnya meskipun perihal itu tujuannya baik. Tapi inget, keliru satu omongan syekh di Arab yang bilang orang Indonesia ke Mekah hanya buat konten doang menjadi berasa mikir, ngapain sih segalanya yang namanya ibadah harus dikontenin,”  tanggapan yang lain.

Pembuat Konten Merespons Warganet

Sejak mengunggah video tersebut di platform tempat sosialnya yang diunggah lagi account lainn, Nurmalita yang dikritik pedas warganet justru tak sangat menghiraukan. Sebab di Insta Story dia mengunggah bahwa warganet di TikTok justru banyak yang menopang konten tersebut.

“Perbedaan komentar warga TikTok,”  tulisnya sambil menunjukkan ke pengikutnya.

Warganet TikTok sebagian mengamini agar sanggup pergi ke Makkah sesudah memandang video tawaf tersebut. Sebagian termasuk berterima kasih bersama video yang dibuatnya.

Selain itu tersedia pula yang meledek dikarenakan kena sasaran makian warganet,” Akhirnya ngeliat @nurmalitadewii didzolimi nitizen lagi sesudah sekian lama drama perypan ini.”

“Lolololo komennya mantap sekali. Kan itu niatan emang kerja sambil stock shot membuat jualan dan syiar. Gua sebagai videografer yang udah sebagian kali ngeshoot momen umroh sanggup sanggup aja tuh khusyuk. Sambil ngeshoot sambil doa sambil nangis. Ngeshoot hanya putaran awal-awal aja. Stock shootnya udah dapet tukar fokus ke ibadah,”  bela yang lain.

Sindiran Imam Masjidil Haram

Video imam besar Madinah Syekh Sulaiman Ar-Ruhaili yang menyindir jemaah haji dan umrah asal Indonesia lagi viral di media. Sebelumnya, dia sesungguhnya pernah melontarkan kritik yang menyebut bahwa jemaah Indonesia umumnya bahagia melakukan swafoto.

Mengutip dari laman Merdeka, 4 Mei 2023, tindakan itu banyak dijalankan ketika mereka tengah ibadah di masjid Nabawi. Tentu saja momen ini lagi menjadi sorotan publik sesudah diunggah keliru satu pengguna account TikTok.

Momen ini terekam terhadap video sebagian sementara lalu tepatnya th. 1437 Hijriah. Tapi sementara ini lagi viral dan mengambil perhatian publik usai diunggah lagi oleh account Tiktok @edy_hermawan89.

“Memalukan!!!! Imam masjid madinah sindir jamaah asal Indonesia tukang bohong, ibadah cuman buat  selfie ,” tulis info pengguna account di unggahannya.

Guru besar Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah ini menjelaskan jikalau para jemaah itu tidak sangat berdoa ataupun mencermati khotbah. Mereka sengaja menghendaki tolong kepada rekannya untuk difoto seolah-olah tengah berdoa. Syekh Sulaiman apalagi berulang kali mempraktikkan style jemaah yang gemar berselfie.

Viral Waria Pakai Hijab Saat Umroh

Mengutip dari kanal Islami, 13 Mei 2023, jagat maya sempat dibuat heboh sementara seseorang diduga waria yang kenakan jilbab atau hijab saat umroh. Dia adalah artis Isa Zega, yang diketahui merupakan bekas manajer Lucinta Luna.

Tak usah menanti lama, aksi mengfungsikan hijab di daerah ibadah itu pun menuai bermacam komentar warganet. Bahkan tersedia pula yang merundung transgender yang dikenal pula bersama sebutan Mami Isa tersebut.

Selebgram yang dikira seorang transgender itu mengenakan pakaian seperti perempuan. Isa Zega memakai hijab, cadar, dan juga gamis panjang hitam sementara melakukan beribadah di Tanah Suci.

Tindakan Isa Zega tersebut sempat mengakibatkan pro dan kontra dari publik. Tetapi ia membantah semua tudingan dari warganet.

Menanggapi video dan foto orang dikira transgender ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan angkat bicara. Mengutip laman MUI, DR KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA dalam komentarnya menjelaskan apa yang dijalankan Isa Zega menjadi perihal yang tidak dibenarkan dalam Islam.

“Jika ia seorang laki-laki maka harus berpenampilan ke kodratnya sebagai seorang lelaki,” jelasnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Slot dan tag , . Tandai permalink.